Kamis, 05 Juli 2012

RPP Biologi

A. Standar Kompetensi
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas.
B. Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia).
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:
  1. Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia.
  2. Mengisi tabel yang berkaitan dengan enzim pencernaan, tempat pencernaan, dan fungsi enzim pencernaan melalui kegiatan individu.
  3. Mengetahui peranan dan proses kerja enzim ptialin yang terkandung di dalam air liur melalui kegiatan kelompok.
  4. Menjelaskan pengertian dan macam-macam zat makanan beserta fungsinya bagi tubuh manusia.
  5. Mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat pada bahan makanan melalui kegiatan kelompok.
  6. Menjelaskan berbagai macam kelainan/penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan makanan manusia serta teknologi pengobatannya.
  7. Mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan penyakit hemaroid melalui kegiatan diskusi.
  8.  Menjelaskan sistem pencernaan pada hewan ruminansia.
   D. Karakter Siswa yang Diharapkan

E. Materi Pembelajaran
  1. Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia
  2. Zat Makanan dan Fungsinya
  3. Kelainan/Penyakit pada Sistem Pencernaan Makanan Manusia serta Teknologi Pengobatannya
  4. Sistem Pencernaan pada Hewan Ruminansia
F. Metode Pembelajaran
  1. Informasi (ceramah). 4. Praktikum.
  2. Tanya jawab. 5. Diskusi.
  3. Demonstrasi. 6. Penugasan.
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Sebutkan secara urut sistem pencernaan pada manusia?
b. Motivasi
Mengisi tabel yang berkaitan dengan enzim pencernaan, tempat pencernaan, dan fungsi enzim pencernaan.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Guru menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia.
b. Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
c. Guru melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
  • Siswa menjawab pertanyaan diskusi dilanjutkan mengidentifikasi zat-zat gizi lain dan fungsinya bagi tubuh.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
  • Dengan diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang terjadi.
  • Siswa membaca buku teks, kemudian menyusun tabel perbandingan sistem pencernaan pada hewan vertebrata.
Konfirmasi
a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
c. Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan maupun tulisan.
3. Kegiatan Penutup
a. Rangkuman/kesimpulan.
b. Penugasan.
c. Penilaian.
H. Sumber dan Media Pembelajaran
  1. Buku paket Biologi XI SMA.
  2. Buku Biologi XIb SMA/MA terbitan BSE
  3. Buku-buku referensi yang relevan.
  4. Alat-alat praktikum.
I. Penilaian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar